Kerjasama Komite Dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri di Kota Banda Aceh

Authors

  • Mistaruddin Mistaruddin

DOI:

https://doi.org/10.22373/tadabbur.v3i1.154

Keywords:

Cooperation;, Madrasa Committee;, education;

Abstract

Education plays a very important role in the process of improving the quality of human resources and is a process that is integrated with the process of improving the quality of human resources themselves. For this reason, the government implements School-Based Management which involves relevant stakeholders, especially the community. This study aims to find out and analyze the collaboration of the Committee (community) with the Head of Madrasa in terms of improving the quality of education at Madrasa Aliyah Negeri in Banda Aceh City. Data collection in this study was conducted by interview, documentation, and observation. While the results of this study are the authors find that the Cooperation Committee and the Head of MAN in Banda Aceh City have been carried out in the form of partnerships that synergize and mutually understand the roles and functions of each institution in order to improve the quality of Madrasah education, this is clearly seen by the implementation of the boarding school program, student creativity activities, extracurricular activities and also academic achievement of students who continue to increase along with the increasing intensity of collaboration of the committee and the head of the Madrasah as a whole in all aspects that include learning activities, facilities, infrastructure, and technical education materially and non materially, so that it gives a significant influence on the quality of education at Madrasah Aliyah Negeri in Banda Aceh City.

References

Komariah, Aan dan Cepi Triatna, Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif, Bandung: Bumi Aksara, 2005.

Rahmat, Abdul. Public Relations For School, Bandung: MQS Publishing, 2009

Abdurrahman Mas'ud, Antologi Studi Agama dan Pendidikan, Semarang: Aneka Ilmu, 2004.

Ace Suryani dan HAR Tilaar, Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung: Rosda Karya, 1993.

Aminatul Zahroh, Total Quality Managemen, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Amiruddin. “Upaya Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh.” DAYAH: Journal of Islamic Education, 2018. https://doi.org/10.22373/jie.v1i2.4141.

Arifin, Yuzi. “Manajemen Pembelajaran Tauhid Pada Madrasah Aliyah Swasta Jabal Nur Dan Dayah Madinatuddiniyah Jabal Nur.” DAYAH: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (1 September 2019): 251. https://doi.org/10.22373/jie.v2i2.4184.

Buku Profil MAN 2 Banda Aceh Tahun 2018/2019.

Buku Profil MAN Model Banda Aceh Tahun 2016.

Cyril Poster, Gerakan Menciptakan Sekolah Unggulan, Jakarta: Lembaga Indonesia Adidaya, 2000.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2001

Depdiknas, Kepmendiknas No. 044, Tentang Komite Sekolah, Tahun 2002.

Dirjen Binbaga Islam, Pedoman Komite Madrasah Lampiran 1 No: Dj. 11/409/2003

Dwi Kartika Yanti, “Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Pendidikan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Metro Pusat Kabupaten Kota Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018”, Tesis tidak diterbitkan, Lampung: Pascasarjana UNILA 2015.

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidika, Jakarta: PT: Rineka Cipta, 2003.

Hadari Nawawi, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Jakarta: Gunung Agung, 1982.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

-------------, Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Rajawali, 2010.

Heri Suderadjat, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Bandung: Cipta Lekas Grafika, 2005

--------------, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung: Cipta Lekas Garafika, 2005

Jarome S, Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Psrinsip Perumusan Dan Tata Langkah Penerapan,Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2007.

Jasmani,“Kepemiminan Kepala Madrasah Dalam Memberdayakan Komite Sekolah MIN Pahandut dan MIN Langkai Palangka Raya” Tesis tidak diterbitkan, Malang: Pascasarjana UIN Maliki Malang, 2014.

John M. Echolis dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1988.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Lukman Ali, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

M. Adli Nurul Ihsan, “Optimalisasi peran komite Madrasah dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di MAN 3 Haruai Kabupaten Tabalong Tahun Pelajaran 2011/2012”, Tesis tidak diterbitkan, Banjarmasin: Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2011.

M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga, Jakarta: Bulan Bintang, 1995.

M. Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

M. N. Nasution, Manajemen Mutu terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2004.

Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia, Bandung: Al-Ma’arif, 1984.

Mansuri, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Guru PAI di SDN Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie.” DAYAH: Journal of Islamic Education, 2018. https://doi.org/10.22373/jie.v1i2.2964.

Moch Idochi Anwar, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan Jakarta: PT Raja grafindo Persada, 2013.

-----------------, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan Jakarta: PT Raja grafindo Persada 2013.

Mujamil Qomar, Epistimologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga, 2005.

Nurhasanah, “Optimalisasi Peran Komite Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Wedarijaksa Tahun Pelajaran 2014/2015)” Tesis tidak diterbitkan Jember: Pascasarjana IAIN Jember, 2015.

R. Ibrahim, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Jakarta: Imtima, 2007.

Ralph G. Lewis dan Douglas H. Smith, Total Quality in Higher Education. Florida: St. Lucie Press, 1994.

Rusman, Manajemen Kurikulum Bandung: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Sri Renani Pantjastuti, dkk, Komite Sekolah: Sejarah dan Prospeknya di Masa Depan Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2008.

Sri Wardiah, “Strategi Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri 1 Lhoknga” Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol 3 No 2, Banda Aceh: Pascasarjana Unsyiah, Mei 2015.

Sudarwan Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: Bumi Aksar, 2007

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Sutamto, 2010, Peranan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Diakses 02 Januari 2018.

Syafaruddin dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum teacing, 2005.

Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan: Konsep, Strategi dan Aplikasi,Jakarta: Grasindo. 2002.

Tim Pengembangan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, Jakarta: dpks@depdiknas.go.id, 2002.

Tim Redaksi Sinar Grafika, Undang-Undang Sisdiknas 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2007.

Umi Chulsum dan Windy Novia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Surabaya: Kashiko, 2006.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas.

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar Bandung: Alfabeta, 2009.

Yulius S, Suryadi, Syamsuri Effendi dan R. Summa Admadjaja, Kamus Baru Bahasa Indonesia Surabaya: Usaha Nasional, 1984.

Yusuf A. Hasan, et. al., Pedoman Pengawasan untuk Madrasah dan Sekolah Umum Jakarta: Mekar Jaya, 2002.

Downloads

Published

2021-04-19

How to Cite

Mistaruddin, M. (2021). Kerjasama Komite Dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri di Kota Banda Aceh. adabbur: urnal eradaban slam, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v3i1.154