Implementasi Pelaksanaan Praktikum Kimia Jenjan SMA di Kabupaten Pidie

Authors

  • Lili Haryanti UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mukhlis UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Teuku Badlisyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Pelaksanaan Praktikum Kimia, Kabupaten Pidie.

Abstract

Pelaksanaan kegiatan praktikum pada jenjang pendidikan menengan berperan penting dalam pembelajaran sains guna mewujudkan keterampilan pratek dan mengembangkan kelilmuan peserta didik melalui percobaan-percobaan dalam skala laboratorium. Praktikum adalah bagian dari pengajaran yang bertujuan agar peserta didik mendapat kesempatan untuk menguji dan melaksanakan secara nyata apa yang telah didapat dalam sebuah teori. Berbagai kendala dihadapi sekolah dalam memanfaatkan laboratorium, diantaranya kurangnya tenaga laboran yang berkopetensi di bidangnya, guru jarang melaksanakan praktikum, minimnya bahan kimia yang dibutuhkan pada saat praktikum dan ketidaktersediaan buku penuntun praktikum yang terbaru digunakan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis implementasi pelaksanaan kegiatan praktikum kimia di SMA Negeri dalam kabupaten pidie. Sampel dalam penelitian ini sebanyak tiga sekolah yang terdiri dari SMA Negeri 1 Sigli, SMA Negeri 1 Padang Tiji dan SMA Negeri 2 Mutiara. Perlakuan penelitian ini dengan pendekatan  deskriptif  kualitatif, yaitu dengan menganalisis dan mendiskripsikan data observasi, lembar angket dan wawancara dari responden. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan kegiatan praktikum kimia di sma negeri tersebut terkendala  dan kurang optimal dimana pemanfaatan laboratorium kimia disekolah, kurangnya laboran atau petugas khusus terlatih mengelola laboratorium, guru merasa kesulitan saat mempersiapkan keperluan praktikum dan minim bahan-bahan praktikum serta peralatan yang mengalami kerusakan atau tidak distandarisasi kembali. 

Kata kunci: Pelaksanaan Praktikum Kimia, Kabupaten Pidie.

 

References

Andromeda (2017), Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Eksperimen Berbasis Guided-Inquiry Materi Laju Reaksi Untuk Peserta didik SMA/Ma , Jurnal Eksakta Pendidikan,, (1)(1), 47-60

Chang. R, 2005. Kimia Dasar Konsep-konsep Inti Edisi Ketiga jilid 1. Jakarta : Erlangga, h,13

Intan Uswatin Wusqa, (2018) “Pengembangan Asesmen Alternatif Praktikum Kimia Dasar II Melalui Chemistry Fair Project (CFP) Berbasis Konservasi Dengan Memanfaatkan Daily Chemical, Jurnal Penelitian Pendidikan, (33)(2), 2018, 146-158.

Mauliza dan Nurhafidhah (2018), “Kesiapan Pemanfaatan Laboratorium Kimia Pada Pelaksanaan Praktikum di SMA Negeri 1 Langsa”, Prosceding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhoksemawe, (2) (1).37-49

Ratmini W.S (2017)“ The Implementation Of Chemistry Practicum at SMA Laboratorium Undiksha Singaraja in the School Year 2016/2017, Jurnal Pendidikan Indonesia, (6)(2) 242-253

Retno Sari, Tetty Resmiaty. (2017) Aplikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Laboratorium, (Jakarta : Indo Kemkes BPPSDM, h.14

S. Margono (2010), Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung : Rineka Cipta, 2010), h.36.

Widhy P.H (2010) Pembelajaran IPA (Kimia) Berbasis Laboratorium, (Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta,

Yunita (2013), Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia, Bandung : C.V. Insan Mandiri, h.56

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Lili Haryanti, Mukhlis, & Teuku Badlisyah. (2024). Implementasi Pelaksanaan Praktikum Kimia Jenjan SMA di Kabupaten Pidie. URNAL LMIAH AHASISWA, 2(1), 67–75. etrieved from https://jimjim.ar-raniry.ac.id/ej/article/view/577