Respon Siswa Terhadap Kegiatan Praktikum Pada Materi Organisasi Tingkat Sel

Authors

  • Shanti Wardila Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Elita Agustina Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Muslich Hidayat Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Keywords:

Indikator Respon, Materi organisasi tingkat sel, Praktikum IPA, Respon Siswa

Abstract

Kegiatan praktikum masih kurang pelaksanaannya karena berbagai permasalahan. Praktikum penting dilakukan untuk memperdalam pemahaman materi dan keterampilan proses sains siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis respon siswa terhadap kegiatan praktikum pada materi organisasi tingkat sel di SMAN 1 Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan respon siswa yang positif terhadap praktikum dengan perolehan nilai 84,4% dengan kriteria sangat baik. Kegiatan praktikum pada materi organisasi tingkat sel berdampak terhadap keterampilan proses sains siswa dan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Meukek Kabupaten Aceh Selatan

References

BalRam, R. (2017). Pengaruh Metode Praktikum Disertai Feedback Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas X Pada Materi Larutan. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Khatulistiwa, 6(6) : 1-12.
Candra, R., & Dian H. (2020). Penerapan Praktikum Dalam Meningkatkatkan Proses Dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaam, 6(1) : 26-37.
Kasmawati, A,D., Jamilah & Ainul, U,T.(2021). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di Kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai. Jurnal Al-Ahya, 3 (1) : 41-51.
Nisa, U.M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference, 15(1) : 62-68.
Mangei, F, A., Laili, K., & Edwardus, I,G. (2021). Respon Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Sendawar Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Pada Bidang Studi Geografi. Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi, 9(3): 155-163.
Mujab, S & Mustofa, K. (2021). Stimulus Guru dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII SMP Daru Ulil Albab Tegal 2020/2021. Jurnal Bashrah, 1(2): 129-146.
Sachriani., & Yeni, Y. (2020). Analisis Pengetahuan dan Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran CD Interaktif Tentang Pengolahan Kue Kontinetal Pada Siswa di SMKN 57 Jakarta. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020: 7-20.
Sidiq, U., & Mohammad, M, C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Surabaya: CV. Nata Karya.
Supriadi, B., Singgih, B., Arita, F,D., Putri, I,R., Trias, F,R., & Lubna. (2022). Respon Siswa Terhadap Metode Pythagoras Sebagai Alternatif Penyelesaian Soal Energi Relativisti. Jurnal Hasil Kajian Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1): 128-133.
Usman, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Shanti Wardila, Elita Agustina, & Muslich Hidayat. (2023). Respon Siswa Terhadap Kegiatan Praktikum Pada Materi Organisasi Tingkat Sel . URNAL LMIAH AHASISWA, 1(2), 31–39. etrieved from https://jimjim.ar-raniry.ac.id/ej/article/view/446