Keanekaragaman Belalang di Lapangan Asrama Kompas Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Authors

  • Ayu Syahdina Zuhri Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Muhammad Alief Rizqi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Eva Nauli Taib Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung keanekaragaman dan mengidentifikasi Belalang yang terdapat di Lapangan Asrama Kompas Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini telah dilaksanakan pada 16 Juni 2023 di Lapangan Asrama Kompas Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tangkap lepas (capture/recapture). Data dihitung dengan menggunakan rumus Shannon-Wienner (Ĥ). Hasil dalam penelitian ini diproleh 7 Spesies yang termasuk kedalam 1 famili yaitu Acrididae. Dari seluruh belalang yang di temukan indeks keanekaragaman sebesar 1.240 yang menunjukkan bahwa keanekaragaman belalang tergolong rendah.

References

BasnaMR,KoneriAP,2017. Distribusi dan diversitas serangga tanah di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa Sulawesi Utara. Jurnal MIPA Unsrat Online,6 (1).

Cecep Kusmana & Agus Hikmat. 2015. Keanekaragaman Hayati Flora di Indonesia. “Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan”. Vol. 5. No. 2.

Endy Sjaiful Alim & Harry Ramza. 2012. “Perancanaan Piranti Perangkap Serangga (Hama) Dengan Intensitas Cahaya”. Jurnal Rekayasa Teknologi. Vol.3. No.1.

Hadi, M. H., Udi, T & Rully, R. (2009). Biologi Insecta Entomologi. (Yogyakarta : Graha Ilmu).

Haneda. 2013. “Keanekaragaman Serangga Di Ekosistem Mangrove”. Jurnal Silvikultur Tropika. Vol. 4. No.1.

Irhan Falahuddin dkk. 2015. Diservitas Serangga Ordo Orthoptera Pada LahanGambut di Kecamatan Lalan Kabupaten Banyuasin. “Jurnal Bioilmi”.Vol.1. No.1.

Jumar. 2000. Entomologi Pertanian. Pt Rinea Cipta. Jakarta

Kahano & Amir. 2003. Serangga Taman Nasional Gunung Halimun Jawa Bagian Barat. (Jawa Barat : Biodiversity Conservation Project).

Murnihati Sarumaha. 2020. “Identifikasi Serangga Hama Pada Tanaman Padi di Desa Bawolowalani”. Jurnal Education and Development. Vol.8. No.3.

Nety Virgo Erawaty & Sih Kahono. 2010. Keanekaragaman dan Kelimpahan Belalang dan Kerabatnya (Orthophotera) Pada Dua Ekosistem Pegunungan di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.”Jurnal Penghimpunan Entomologi Indonesia”. Vol. 7. No. 2.

Riko Irwanto & Tisssy Milly Gusdiana. 2021. Keanekaragaman Belalang (Orthphera : Acrididae) Pada Ekosistem Sawah di Desa Banyuasin Kecamana Riau Silip Kabupaten Bangka. “Jurnal Ilmiah BIOSAINSTROPIS”. Vol.6. No.2.

Rita Zahara. 2018. “Analisis Kualitas Sumber Air Tanah Asrama Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh Ditinjau Dari Parameter Kimia”. Skripsi.

Saparudin Saroni & Widya Sri Gustina.2021. Keaneragaman Belalang di Persawahan Desa Arah Tiga Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko. “Jurnal Kependidikan”. Vol.1.No.2.

Schwarz. A., W. Wilcke, J. Styk, and W. Zech. 1999. Heavy Metal Telease In Batch pHstat Exsperiment. Soil sci. soc. Am. J. 63.

Susanti. 2015. “Populasi Belalang (Orthoptera) Di Kawasan Pemukiman Sawang BA’U Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan”. Prosiding Seminal Nasional Biotik. Vol.3. No.1.

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Ayu Syahdina Zuhri, Muhammad Alief Rizqi, & Eva Nauli Taib. (2023). Keanekaragaman Belalang di Lapangan Asrama Kompas Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. URNAL LMIAH AHASISWA, 1(2), 12–20. etrieved from https://jimjim.ar-raniry.ac.id/ej/article/view/442