LKPD Materi Fluida Dinamis Dikembangkan dengan Sigil Software

Authors

  • M. Firza Duana Pendidikan Fisika, Universitas Islam Negeri Ar-Baniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Sabaruddin Pendidikan Fisika, Universitas Islam Negeri Ar-Baniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Jamaluddin Pendidikan Fisika, Universitas Islam Negeri Ar-Baniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Nurhayati Pendidikan Fisika, Universitas Islam Negeri Ar-Baniry, Banda Aceh, Indonesia

Keywords:

E-LKP, Sigil Software, Fluida Dinamis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan LKPD dengan sigil software dengan materi fluida dinamis sehingga meniculkan E-LKPD yang layak digunakan. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan model Allesi dan Trollip. Model Alessi dan trollip terdiri dari tiga tahapan penelitian yaitu planning (perencanaan), design (perancangan), dan development (pengembangan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi alih dan dianaliss menggunakan teknik deskriptif kualitatif persentase kelayakan produk. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dengan sigil software pada materi fluida dinamis hasil  pengembangannya menunjukan layak digunakan dengan skor kelayakan rata-rata 89.75% muncul pada katerogi sangat layak. Berdasarkan validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 93.75% dengan kategori sangat layak, dan validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 85.75% dengan kategori sangat layak. Sehingga produk E-LKPD yang dekembangkan dengan sigil software pada materi fluida dinamis sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Fauzi Bakria, Betty Zelda Siahaanb & A. Handjoko Permanac. (2016). Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional. JurnalPenelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2).

Lalu A. Didik & Fitratul Aulia. (2019). AnalisaTingkat Pemahaman dan Miskonsepsi Pada Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choices Diagnostic. Jurnal Phenomenon, 9( 9).

Abdul Ghofur & Rudy Kustijono. (2015). Pengembangan E-Book Berbasis Flash Kvisoft Flipbook Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Sebagai Sarana Belajar Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2).

Fhina Haryanti & Bagus Ardi Saputro. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga. Jurnal pendidikan Matematika,1(2).

Neng Nenden Mulyaningsih & Dandan Luhur Saraswati. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1).

Andi Prastowo (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Das, Salirawati. (2010). Teknik Penyusunan Modul Pembelajaran. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Norma Dewi Shalikhah, Ardhin Primadewi & Muis Sad Iman. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Jurnal Warta LPM, 20(1).

Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip. (2001). Multimedia for Learning Mthods and Development. Needham Heights, USA : Pearson.

Widoyoko, EP. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

David Pratama. (2016). Pengembangan Modul Matetamatika Untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning ) Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP, Uviversitas Sebelas Maret.

Affandi & Wibawanto.( 2015). Pengembangan Media Animasi Interaktif 3 (Tiga) Dimensi sebagai Alat Bantu Ajar Mata Pelajaran IPA Kelas VII menggunakan Blender Game Engine. Jurnal Teknik Elektro, l 7(2): 62-70.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

M. Firza Duana, Sabaruddin, Jamaluddin, & Nurhayati. (2023). LKPD Materi Fluida Dinamis Dikembangkan dengan Sigil Software. URNAL LMIAH AHASISWA, 1(1), 14–25. etrieved from https://jimjim.ar-raniry.ac.id/ej/article/view/335