PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO RIYADH STORE DI BANDA ACEH

Authors

  • Thursina Thursina Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Zaki Fuad Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Hafidhah Hafidhah Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/jimebis.v1i2.132

Keywords:

Etika Bisnis Islam, Kepuasan Pelanggan, Keadilan, Kejujuran, Kepercayaan.

Abstract

Etika bisnis Islam dapat digunakan sebagai salah satu dimensi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh etika bisnis Islam yang diterapkan oleh toko Riyadh Store terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang diambil pada penelitian ini adalah keadilan, kejujuran dan kepercayaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 100 responden yaitu seluruh pelanggan toko Riyadh Store di Banda Aceh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan langsung daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadilan, kejujuran dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan secara parsial hanya variabel kejujuran dan kepercayaan yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel keadilan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Thursina, T., Fuad, Z. ., & Hafidhah, H. (2020). PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO RIYADH STORE DI BANDA ACEH. urnal lmiah ahasiswa konomi an isnis slam, 1(2), 52–67. https://doi.org/10.22373/jimebis.v1i2.132

Issue

Section

Articles